Custom Search

Senin, 03 Januari 2011

Optimasi Traffic di Komunitas - by Bisnis Cyberku xn

¨ Jadi Dalang

Berperan dibelakang layar laksana seorang sutradara adalah hal yang perlu dilakukan perusahaan. Ide dan masukan dari anggota komunitas harus dibiarkan mengalir.

¨ Tahu Kapan Harus Bertindak

Bagaimana melakukan monitoring? Sebenarnya komunitas memiliki kemampuan self correcting yang baik. Namun perusahaan harus peka ketika ada flamers atau mereka yang mengacaukan kelangsungan komunitas.

¨ Critical Mass

Komunitas harus mencapai jumlah anggota minimum untuk dapat berfungsi maksimal. Posisi kunci dalam critical mass juga merupakan hal penting untuk menjamin komunitas dapat hidup. Posisi kunci ini antara lain posisi sebagai motivator, sebagai conector, dan leader. Ketika komunitas sudah cukup besar, maka dapat dibilang mereka dapat membuat isi yang baik, memperbaiki isi dan kesalahan yang ada.

¨ Akui Kesalahan

Ketika terjadi kesalahan dalam komunitas jangan pernah ditutupi. Akui saja, minta maaf secara tulus dan jangan ulangi.

¨ Ucapkan Terimakasih

Brand/perusahaan harus memberikan reward kepada mereka yang telah rela memberikan opini atau berkontribusi pada komunitas/brand.

¨ Long Term Relationship

Komunitas butuh waktu lama untuk dapat berkembang. Seiring dengan perkembangan komunitas, brand harus terus bereksperimen dengan isi dan cara untuk menghasilkan diskusi dan cara untuk menarik member untuk aktif.

Diposting oleh : bisnis cyberku xn (http://bisnis-cyberku-xn.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar